Selasa, 14 Agustus 2012

Kunyit Putih digunakan untuk tetas mata

Kunyit putih biasanya berwarna kuning ini bukan berbeda dengan kuntit yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Kunyit putih ini berwarna putih yang memiliki bentuk hampir sama percis dengan kunyit daunnya berwarna hijau lonjong. Kunyit putih curcuma mangga, kaya akan kandungan kimia seperti tanin, kurkumin, amilum, gula, minyak asiri, damar, saponin, flavonoid, dan protein toksis yang dapat menghambat perkembangbiakan sel kanker. Kunyit putih jenis temu mangga ini rimpangnya mampunyai bau khas seperti bau mangga kweni. Nama daerah: kunyit putih, kunir putih, temu bayangan, temu poh (Jawa), temu pao (Madura), temu mangga, temu putih (Melayu), koneng joho, koneng lalap, konneng pare (Sunda).
 
       Kunyit putih ini memiliki banyak hasiat seperti menolak angin, kangker, diare dan kembung karna seperti yang disebutkan tadi bahwa kunyit putih memiliki kandungan kimia yang baik untuk penyakit penyakit tersebut.
         Nah sekarang saya mencoba menjelaskan tentang manfaat lain selain mengobati penyakit dalam, yaitu sebagai obat tetes mata. Sedikit bercerita tentang pengalaman saya mengunakan kunyit putih sebagai obat tetes mata. Ibu saya seorang petani yang turun temurun memanfaatkan tanaman sebagai obat. Hobi saya waktu itu main komputer sampai lupa tidur mata saya udah pedih lalu saya curhat pada ibu saya. " mah mata saya sakit", ibu saya bilang " main komputer mulu". lalu ibu saya kebelakang sambil membawa kunyit tapi kunyitnya berwarna putih. kunyit itu dikerok pake sendok dan diambil airnya lalu saya bertanya lagi. "Buat apa itu mah?" lalu ibu saya bilang " tengadah dan buka mata bantu pake tangan. saya nanya lagi "pedih ga?". "kan yang penting kamu enak ngeliat komputer lagi" tuturnya. lalu saya buka mata saya di bantu dengan jari telunjuk dan jempol. dikucurkan kemata uhhhh mantap rasa sakitnya luar biasa selama 15 menit pedihnya masih terasa, tapi sehabis itu mata saya enak dan sampai sekarang saya tidak mengunakan kacamata padahal hampir 20 jam saya menggunakan komputer. Alhamdulilah sekarangpun mata saya masih normal.
       Dari cerita pribadi saya mungkin anda dapat mencobanya menggunakan kunyit putih sebagai alternatif pengobat mata.

Cara pengobatan
Ambil rimpang kunyit putih 1 siung saja lalu kerok dengan sendok kupas kulitnya terlebih dahulu, lalu peras dan ambil airnya setelah itu teteskan pada kedua mata satu tetes saja. Gunakan minimal 1 bulan sekali atau 1 minggu. Cocok untuk yang memiliki mata min atau plus sebagai terapi.

Rasa dimata
Pedih tapi ini sangat berhasiat jangan dilihat dari sakitnya tapi hasilnya, tidak berbahaya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Trimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

1 komentar:

Rini08toko mengatakan...

Pengen coba tapi udah ngeri duluan sama rasa pedihnya - terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat.....